Indahnya Berbagi!

Hari Raya Natal dan Tahun Baru, artinya kalian akan memiliki sejumlah hari libur yang cukup panjang (tentunya apabila memiliki kemampuan mengatur cuti yang hebat).

Menikmati masa liburan yang panjang tentu akan memberikan kalian kebebasan untuk berlibur ke destinasi wisata yang mungkin saja belum pernah kalian datangi sebelum ini. Waktu liburan yang panjang juga akan memberi kamu keleluasaan untuk melakukan berbagai hal yang selama ini tidak sempat kamu lakukan.

Nah,

Disini saya akan sedikit berbagi mengenai “7 Cara Membuat Libur Panjang yang Produktif” – Produktif disini bisa berarti banyak hal, Saya persempit artinya kepada bagaimana liburan panjang kita dapat merefresh segala kepenatan dan senantiasa mampu membawa dampak yang positif dan peningkatan kualitas diri. Sehingga nanti pada saat liburan telah usai kita akan kembali ke aktifitas kita dalam kondisi yang 1000% PRIMA.

7 CARA MEMBUAT LIBURAN PANJANG YANG PRODUKTIF

  1. PREPARATION

Persiapan adalah masa yang sangat mendebarkan sekaligus menyenangkan. Tahap pertama didalam persiapan adalah menentukan tema dari liburan itu sendiri. Tema adalah suatu hal yang sangat penting, tema ibarat roh dari liburan itu sendiri, roh penuntun yang akan membantu kita menentukan barang apa yang akan kita bawa nantinya. Sangat tidak lucu apabila tema kita “berlibur ke pantai” dan yang kita bawa adalah jaket tebal.

Setelah Tema apakah kita akan langsung packing? No No No!!

Setelah tema kita akan sejenak berhitung mengenai anggaran, waktu, dan kualitas liburan yang sesuai dengan tema tersebut. Tema mungkin sama yaitu berlibur ke Pantai mencari Vitamin Sea, namun tentunya nilainya akan berbeda antara berlibur ke pantai Ancol dan ke Karimun Jawa nan Indah. Begitu juga waktu liburan karena segala sesuatunya akan membantu mengarahkan kita menuju tempat liburan terbaik yang sesuai dengan Tema, Anggaran, Waktu dan Akhirnya Kualitas.

Khusus untuk anggaran ada baiknya kita tambahkan anggaran cadangan yang saya namakan Anggaran Kebahagiaan. Apa itu? Anggaran Kebahagiaan adalah anggaran yang dialokasikan untuk menghibur kegalauan kita. Semisal kita lupa membawa CD, seketika kita menjadi galau karena membayangkan harus 1 minggu memakai CD yang sama, Nah disitulah anggaran Kebahagiaan bisa kita gunakan untuk menjadi obat galau kita.

Setelah itu semua bolehkah saya packing? Sangat Boleh ! Ada Tips packing yaitu 3 S :

  • Smart
  • Simple
  • Sufficient

Smart artinya mari kita cerdas dalam memilih barang apa saja yang akan kita bawa. Simple artinya pastikan segala sesuatunya simple dan ringkas ingat anda ingin melepas lelah bukan menambah beban hidup. Sufficient artinya cukup, pastikan segala sesuatunya cukup : tidak berlebih dan tidak juga kurang.

Cara berikutnya akan melengkapi tahap preparation ini.

  1. LEAVE NO REGRET

Kurang lebih secara harafiah artinya Berangkat dengan tanpa penyesalan dan kekhawatiran. Cara paling sederhana untuk melakukan hal ini adalah dengan mempersiapkan (preparasi) dengan sebaik mungkin dan baru setelah itu iklaskan atau sederhananya lupakan.

Mengapa ini penting, karena banyak dari kita berlibur dan masih membawa beban dan membawa kekhawatiran.

Tidak lucu saat kita sudah akan snorkeling di Raja Ampat dan malah kepikiran angsuran mobil yang  lupa dibayar. Lalu bagaimana apabila ada yang terlupakan, seperti tips diatas : Ada Anggaran Kebahagiaan yang dipersiapkan untuk itu, bahkan saat kita berlibur ke daerah yang tidak ada sinyal sehingga tidak dapat untuk membayar angsuran seperti contoh kita diatas, disanalah alokasi anggaran kebahagiaan diatas akan di debit guna membayar denda yang akan muncul. Meskipun tidak ada bedanya , kita tetap saja membayar, tapi secara psikologis akan sangat berbeda, paling tidak mood kita tidak akan rusak saat berlibur.

Hati-hati. Hal ini sangat berbahaya karena berpotensi merusak liburan kita.

  1. TAKE IT EASY and LESS ARGUE

Oh iya….

Sebelum kita bahas tips ini, Saya ingin mengingatkan bahwa kita ini akan berlibur, jadi mari kita buat semuanya sederhana dan tidak memperumit situasi. Banyak liburan rusak karena hal-hal sepele yang dibuat rumit dan diperdebatkan dengan serius.

Semisal Terlambat bangun pagi, Macet diperjalanan atau Tetiba ada ban yang bocor yang berujung pada pertikaian yang merusak tujuan semula yaitu berlibur. Saya yakin pembaca yang budiman seringkali menghadapi hal ini. Cara ketiga ini adalah dengan belajar untuk menyederhanakan segala sesuatu dan mengurangi perdebatan yang muncul.

Tips bagi kalian,

Nikmati semua hal yang muncul seakan Alam semesta sedang menggoda kita.

Saat terjadi perbedaan pendapat bagi yang sudah membaca tulisan ini segeralah mengingat bahwa dari awal Tujuannya adalah sama yaitu untuk merefresh dan bukan untuk bertengkar.

Untuk memperkuat kebersamaan silahkan lihat video ini : TIPS TENTANG KEBERSAMAAN

  1. GOAL SETTING

Sangat penting untuk menentukan tujuan atau goal dari liburan kita. Liburan yang memiliki tujuan cenderung akan tercapai dibanding yang tidak memiliki tujuan.. Saya tidak akan panjang lebar membahas tentang tujuan, namun lebih kepada kesepakatan diawal yang tentunya sangat penting sebagai dasar dari suatu perjalanan wisata untuk berlibur.

Goal atau tujuan yang sudah disepakati bersama ini juga akan penting dalam mengurangi perdebatan yang muncul seperti yang tertera di Tips Mengurangi perdebatan.

  1. OPEN MIND AND HEART

Membuka pikiran dan hati adalah langkah yang penting untuk mendapatkan banyak hal dari liburan kita. Orang yang pikiran dan hatinya terbuka akan mampu untuk mengambil hikmah. Hikmah itulah yang akan menjadi pembelajaran dan meningkatkan kualitas diri kita.

Orang Besar adalah orang yang bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian. Perjalanan Liburan Panjang kita akan menjadi perjalanan yang penuh hikmah, kita akan melihat banyak hal, bertemu banyak orang, dan mengalami banyak pengalaman baru yang akan menjadikan kita lebih berkualitas dan akhirnya lebih produktif.

Silahkan melihat video mengenai cara menjadi kreatif disana disebutkan salah satu hal yang mampu memperkuat kreatifitas adalah terbukanya pikiran dan hati kita

TIPS TENTANG KREATIFITAS DAN BUKA HATI

  1. NO FREE TIME

Bukan berarti liburan kita harus padat dan penuh agenda, namun pemanfaatan waktu untuk hal yang positif.

Semisal apabila kalian single backpacker, kalian manfaatkan waktu untuk berkenalan dengan orang baru. Lalu bila dengan pasangan kalian bisa manfaatkan waktu untuk mendiskusikan masa depan, atau menceritakan hal-hal yang selama ini anda simpan, kapan lagi kalian bisa mendapat waktu berkualitas berdua seperti ini. Kemudian apabila dengan sekelompok teman kalian bisa gunakan untuk terapi bercerita, saling curhat dll.

Pemanfaatan waktu jeda inilah peluang kita untuk mendapatkan lebih. Lebih dari sekedar liburan namun juga peningkatan kualitas diri.

Tidak disarankan namun juga boleh dengan syarat : penulis seringkali memanfaatkan waktu liburan untuk menulis, membuat materi, atau sejenak mencari ilham. Asalkan partner berwisata anda tidak keberatan ini juga bisa menjadi kegiatan mengisi waktu yang produktif.

  1. ENJOY MORE

Terakhir adalah menikmati lebih, dengan menikmati lebih seseorang akan mampu untuk bersyukur. Sedangkan bersyukur adalah cara termudah mendapatkan lebih.

Satu tips untuk sesi enjoy more adalah dengan menjalankan segala sesuatunya dengan sepenuh hati. Saat sedang teawalk atau mungkin hiking lakukan sampai berkeringat dan basah total,  Kemudian saat snorkeling atau rafting atau bahkan diving misalkan lakukan sampai benar-benar basah. Tanyakan pemandu wisata anda bagaimana caranya total di suatu objek wisata, apa saja yang sudah dan belum saya lakukan disini dan lain sebagainya. Dan tidak lupa seusai melakukannya ucapkan terimakasih dan syukur atas kesempatan yang diberikan.

Tujuh Cara yang sederhana namun cukup kuat untuk membawa kita menuju suatu liburan yang berkualitas dan juga dapat meningkatkan kualitas diri kita. Semoga bermanfaat, Salam Sukses Luar Biasa.

Nb. Jangan lupa memilih agent perjalanan yang terbaik yang sudah tidak diragukan lagi kualitas dan pelayanannya

SALAM HORMAT

NH

CEK INSTAGRAM   : KLIK ME

CEK YOUTUBE        : KLIK ME

 

Nardi Hidayat , President Director PT Jendela Nusantara, bergerak dibidang pelatihan luar ruangan (Outdoor Training) Spesialis di bidang Corporate Improvement dan Team Building Telah melatih lebih dari 500 Perusahaan dan Organisasi Konseptor of HITS Development Program Konseptor of Creatificient

 

Indahnya Berbagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *