Indahnya Berbagi!

Solo merupakan sebutan bagi tujuh wilayah yang tergabung sebagai eks karesidenan Soloraya. Tujuh wilayah tersebut mencakup kabupaten Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Boyolali, Klaten, Sukoharjo dan satu kota lagi bernama Surakarta.
Solo telah lama dikenal sebagai destinasi wisata, terutama wisata sejarah dan budaya. Tetapi tahukah anda mengenai lokasi wisata disekitar Soloraya yang bernuansa alam? Berikut adalah lokasi wisata alam terbaik disekitar Surakarta

 

1. Kebun teh Kemuning

Kemuning merupakan kawasan kebun teh yang berada di kabupaten Karanganyar. Objek wisata yang satu ini terletak di lereng gunung Lawu. Suhu rata-rata di area ini berkisar pada 21,5 derajat celcius sehingga cukup sejuk. Kemuning sangat sesuai bagi yang ingin menikmati liburan bersama keluarga. Suasana alam yang sejuk dan asri sangat sesuai untuk merefresh tubuh kembali.

Titik lokasi wisata di kebun teh Kemuning sangat banyak, tapi saya anjurkan memilih singgah di area Agrowisata Resto Kemuning. Disana mereka memiliki fasilitas dan wahana yang lebih banyak dan menarik di banding tempat lainnya.

wisata kebun teh Kemuning foto : ngadem.com

2. Air terjun Jumog

Air Terjun Jumog terletak di desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi Air Terjun Grojogan Sewu berada di lereng Gunung Lawu wilayah kabupaten Karanganyar. Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi Air Terjun Jumog dengan mengikuti Jalan Raya Tawangmangu dan mengikuti papan penunjuk jalan menuju kawasan Wisata Air Terjun Jumog.

Daya tarik utama Wisata Air terjun Jumog Karanganyar i adalah bentuk air terjun yang memiliki aliran dua buah air terjun. Selain itu sumber air dari Wisata Air terjun Jumog Karanganyar ini bias dibilang cukup deras. Ketika anda ke Air Terjun Jumog, anda juga bisa menikmati sate ayam atau sate kelinci di pinggir aliran sungainya dengan suasana hutan yang sangat asri.

Air terjun Jumog foto : tirtahardipranata.com

3. Candi Sukuh dan Cetho

Wisata Candi Sukuh Ceto karanganyar merupakan kompleks candi Hindu yang dibangun pada masa-masa akhir era Kerajaan Majapahit Lokasi Wisata candi Sukuh karanganyar terletak di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Sedangkan Candi Cetho berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupate Karanganyar

Berdasarkan keadaannya ketika reruntuhannya mulai diteliti, Wisata Candi Ceto karanganya ini diperkirakan berusia tidak jauh berbeda dari Wisata Candi Sukuh karanganya, yang cukup berdekatan lokasinya. Dengan semakin perkembagan daerah maka Wisata Candi Ceto karanganya ini dimasukan kedalam destinasi wisata andalan di Karanganyar.

4. Pantai Nampu
Pantai Nampu menajdi salah satu primadona pantai di Wonogiri. Pantai Nampu merupakan pantai dengan pasir putih dan airnya yang biru kehijauan dan karang-karang yang tampak menakjubkan. Akses jalan menuju Pantai Nampu sangat mudah dan bisa dilewati oleh bis dan kendaraan pribadi. Petunjuk jalannya pun sangat mudah. Masih di Kecamatan Paranggupito, jika Anda melihat peta wisata Wonogiri, maka Anda akan melihat bahwa didekat Pantai Nampu terdapat Pantai Banyutowo yang harus Anda kunjungi juga. Kedua pantai tersebut tidak boleh Anda lewatkan jika sedang berada di sekitaran Soloraya.

Pantai Nampu wonogiri foto : brobali.com

5. Wisata Air Tlatar
Wisata air ini berlokasi di Dukuh Tlatar, Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali. Merupakan pilihan favorit para keluarga yang ingin bersantai, seperti bermain air hingga memancing.
Di Tlatar ada taman air ala Korea. Di sini pemandiannya berasal dari dua umbul, yaitu Pengilon dan Asem. Yang tak ingin berenang, bisa juga bermain sepeda air yang disediakan di sini. Tak perlu takut kelaparan, di Tlatar juga terdapat Rumah Makan Terapung yang menyuguhkan berbagai makanan yang segar.

Selain pemandian dan bersepeda air, ada juga taman hijau yang sayang banget untuk dilewatkan. Berenang, memancing, hingga bersantap seafood dengan pemandangan alam yang menyejukkan merupakan paket lengkap dari wisata yang satu ini. Cocok untuk liburan keluarga. Tak hanya si kecil, orang tuanya pun ikutan senang.

Pemandian Umbul Tlatar Boyolali foto : eventsolo.com

Indahnya Berbagi!

2 thoughts on “Liburanmu ke Solo belum lengkap tanpa berkujung juga di 5 wisata terbaik di Soloraya ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *