Indahnya Berbagi!

Kota yang terkenal dengan slogan “ The Spirit of Java “ ini memiliki beragam kuliner khas yang patut dijadikan sebagai “Daftar Wajib“ untuk dicoba dan dirasakan kelezatannya. Dan dibawah ini adalah daftar 11 Kuliner Andalan  di Kota Solo yang bisa dijelajahi akan kulinernya yang dikutip dari berbagai sumber :

  1. SRABI NOTOSUMAN ( Jl. Mohammad Yamin No 28, Solo )

Kuliner khas yang satu ini sudah ada di Kota Solo sejak tahun 1923. Konon, Srabi Notosuman ini adalah srabi yang paling “ josss “ se-Kota Solo. Panganan ini terbuat dari campuran tepung beras dan santan dan dimasak dalam cetakan diatas tungku – tungku kecil.

Untuk harganya , untuk variasi rasa polos berisi 10 buah srabi ( 10 buah ), hanya dibanderol Rp. 20.000,-. Sedangkan yang rasa coklat , cukup Anda menambahkan uang Rp. 5.000,- saja. Bagaimana?

 

  1. SOTO GADING ( Jl. Brigjend Sudiarto No. 75, Pasar Kliwon, Solo )

Kuliner berkuah yang satu ini sangat terkenal di Kota Solo. Bahkan, Bapak Presiden Republik Indonesia ke-7, Joko Widodo, sering berkunjung ke Warung Soto Gading bersama dengan keluarganya.

Keistimewaan kuliner ini terletak pada kombinasi nasi dengan mie soon ditambah dengan suwiran daging ayam yang disiram kuah bening panas yang kaya akan rempah. Konon, menyantapnya pada pagi hari adalah waktu yang paling tepat. Dan ketika nanti Anda mencoba kuliner ini, jangan lupa untuk menambahkan beberapa pilihan lauk pauk yang tersedia. Seperti sate telur puyuh, tempe goring, sosis, jeroan, perkedel, bakwan, sate uritan dan lain sebagainya. Dijamin, akan lebih menambah kenikmatan ketika menyantap Soto Gading ini.

  1. TENGKLENG BU EDI ( PASAR KLEWER )

Jika mendengar kata “ Tengkleng “, pasti Anda akan langsung terbayang olahan masakan berbahan dasar tulang dan jerohan kambing. Nah, di Kota Solo, ada satu tempat untuk bisa menikmati kuliner tengkleng ini, yaitu di Warung Tengkleng Bu Edi. Dengan cita rasa yang gurih, segar dan pedas dari kuah tengklengnya, dijamin akan sangat memanjakan lidah Anda ketika menikmati kuliner yang satu ini.

  1. SATE BUNTEL MBOK GALAK ( Jl. Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar, Solo )

Mbok Galak ?? Dalam bahasa Indonesia, berarti adalah “ Ibu yang Pemarah “. Eiittts, tapi tenang. “ Mbok Galak “ yang satu ini lain dari yang lain. Karena, beliau ini sangat lihai dalam mengolah masakan dari bahan dasar daging kambing. Salah satunya adalah “ Sate Buntel “.

Sate ini berbahan dasar daging kambing yang dicincang. Kemudian, sate ini di-“ buntel ” dengan lemak kambing. Baru setelah itu, sate ini dibakar seperti sate pada umumnya dan tentunya dengan racikan bumbu – bumbu rempah yang siap memanjakan para penikmatnya.

  1. SATE KERE YU REBI ( Belakang Stadion Sriwedari dan Pusat Jajanan GALABO )

Kere didalam bahasa Indonesia memiliki arti “ miskin “. Namun, Anda jangan salah paham dahulu dengan nama kuliner yang satu ini. Sate Kere adalah makanan yang berbahan dasar jerohan sapi atau tempe gembus. Karena harga dari kedua bahan dasar panganan ini bisa dikatakan murah, jadilah namanya adalah “ Sate Kere “.

Panganan ini disajikan bersama dengan sambal kacang dan lontong serta ditaburi oleh irisan cabai rawit dan bawang sebagai penyedapnya, layaknya sate pada umumnya. Dan yang paling terkenal dari tempat yang menjual panganan Sate Kere di Kota Solo adalah “ Warung Sate Kere Yu Rebi “.

  1. GUDEG CEKER MARGOYUDAN BU KASNO ( Sebelah Barat SMA Negeri 1 Solo )

Jika Anda ingin menikmati suasana malam hari di Kota Solo sambil menikmati kuliner malamnya, maka Warung Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno adalah salah satu yang kami rekomendasikan.

Warung gudeg ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Nasi putih yang pulen dengan ditambahkan gudeg, opor ayam, telur dan ceker adalah kombinasi yang pas untuk dijadikan sebagai hidangan santap malam sembari menikmati syahdunya Kota Solo malam hari meijeroptical.com/survey.

  1. SENTRA KULINER GALABO ( GLADAG LANGEN BOGAN )

Dari namanya saja pasti Anda sudah bisa menebak, jika tempat ini adalah pusat jajanan kulinernya Kota Solo. Lokasinya yang ada di pusat Kota Solo, menjadikan GALABO sebagai sentra kuliner dan tempat yang asyik untuk nongkrong berbagai kalangan usia.

Di GALABO, Anda dapat menemukan kuliner yang ada di Kota Solo, seperti tengkleng, sate kere, mie toprak, wedang ronde dan aneka jajanan dan kuliner khas lainnya.

  1. MIE GAJAH MAS ( Jl. Suryopranoto No. 1, Depan Pasar Gede )

Bagi Anda penyuka kuliner yang berbahan dasar mie, maka tempat ini adalah menjadi salah satu yang kami rekomendasikan sebagai salah satu tempat untuk menikmati kuliner berbahan mie.

Disini, tidak hanya mie telur berwarna kuning saja yang ada. Namun juga ada mie yang berwarna merah, ungu, orange dan hijau. Warna – warni ini didapatkan dari ketela untuk mie berwarna ungu dan merah. Sedangkan warna orange berasal dari wortel dan hijau dari sayuran.

  1. SUSU SHI JACK

Anda pecinta susu ?? Kalau jawabannya adalah “ Ya “, maka sama. Dari namanya saja sudah bisa diterka, jika tempat ini menyediakan berbagai olahan minuman berbahan dasar susu sapi segar.

Bagi Anda yang ingin mencicipi minuman berbahan dasar susu sapi segar, Anda bisa datang ke outletnya yang ada di Jl. Kapten Mulyadi, tepatnya didepan Benteng Vastenberg. Ditempat ini, tidak hanya susu saja yang disajikan. Ada juga berbagai kudapan ringan seperti aneka gorengan, nasi kucing, sate usus, sate telur puyuh, bihun goring, roti bakar yang bisa menemani Anda ketika menikmati segelas susu segar hangat atau dingin.

  1. SELAT VIENS SOLO ( Jl. Hasanuddin No. 99, Solo )

Kalau ke Solo dan belum mencoba kuliner yang satu ini, rasanya belum lengkap. Selat adalah makanan khas Solo yang berbahan dasar dari olahan daging sapi. Dengan ditambah oleh potongan wortel, sawi, telur bacem, buncis, kentang dan acar mentimun segar dan disiram kuah berwarna coklat yang khas aroma dan rasanya, siap memanjakan lidah siapa saja yang menyantapnya.

  1. ES GEMPOL PLERET PAK SUHAR ( Jl. Dr. Wahidin, Samping Masjid Tegalsari, Solo )

Anda berkeliling Kota Solo disiang hari dan cuacanya panas terik? Maka kuliner ini cocok bagi Anda untuk sedikit melepas dahaga disiang hari. Kuliner ini terdiri dari campuran gempol yang berbahan dasar tepung beras yang dibentuk bulat, kemudian untuk pleret-nya sendiri terbuat dari adonan tepung beras dan gula jawa. Kedua bahan tadi dicampur dan disiram kuah yang terbuat dari santan cair dan es batu. Setelah semuanya tercampur, diatasnya diberikan topping berupa saus yang terbuat dari campuran gula jawa dan gula pasir.

Indahnya Berbagi!

1 thought on “11 Kuliner Andalan Kota Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *