Indahnya Berbagi!

Jogjakarta dikenal sebagai Kota yang istimewa, Baik Kotanya hingga masyarakatnya Keisimewaan lainnya dari kota ini adalah banyaknya peninggalan candi yang tersebar di berbagai wilayahnya. Candi di Yogyakarta bahkan masuk kedalam daftar situs warisan dunia.

Selain candi, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat tujuan wisata lainnya, baik wisata alam budaya, wisata belanja dan wisata kuliner. Berikut beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi:

  1. Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu Blok Mangunan dari 7 blok yang dikelola masyarakat sekitar sebagai lokasi wisata.

Puncak Becici memiliki area hutan pinus seluas 4,4 hektar. Dari sini, pengunjung bisa menikmati keindahan Candi Prambanan di sisi utara dan Laut Selatan di sisi selatannya.

Selain itu, udara yang sejuk dan masih segar juga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang untuk sekedar merilekskan diri dari kepenatan sehari-hari.Kawasan Puncak Becici difokuskan pada kegiatan outbond dan panorama.

  1. Candi Ratu Boko

Situs bersejarah Candi Ratu Boko berada di kawasan seluas 25 hektare yang memiliki ciri khas unik karena memadukan gaya arsitektur Budha dan Hindu.

Letaknya hanya sekitar 3 km arah ke selatan dari Kompleks Candi Prambanan.

Berbeda dengan konsep candi lainnya, bentuk bangunan di area Candi Ratu Boko lebih menyerupai sebuah istana meksipun letaknya di atas bukit.

Di sebelah kiri gapura terdapat candi pembakaran yang dahulu difungsikan sebagai altar untuk kremasi.  Di lokasi ini juga terdapat pendopo, paseban, kolam, keputren, sumur suci dan juga goa.

  1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu destinasi wisata pantai di Yogya yang sekarang cukup populer. Dengan bentang pasir yang putih bersih khas pantai selatan, pemandangan yang indah, dan fasilitas yang cukup lengkap, pantai ini banyak menjadi tujuan wisatawan.

Selain itu, lokasinya tidak berjauhan dengan pantai-pantai lain yang juga populer. Misalnya saja pantai krakal, pantai sundak, ataupun pantai pok tunggal.

Jadi, anda bisa sekaligus mengunjungi berbagai tempat wisata lain yang tidak berjauhan tempatnya.

  1. Pantai Nglambor

Di Yogya juga terdapat pantai yang bisa untuk snorkeling asyik lho, tempatnya di pantai nglambor. Tidak seperti pantai selatan lainnya, disini terdapat laguna dengan air yang cukup tenang. Kekayaan alam disini bisa kita nikmati sambil snorkeling metrosondage.ca.

Selain itu, terdapat juga berbagai spot unik dan asyik untuk berfoto. Anda juga bisa menyeberang ke pulau kecil menggunakan jembatan tali, sambil uji nyali!

  1. Pantai Pok Tunggal

Satu lagi pantai yang perlu anda kunjungi di Jogja, pantai pok tunggal. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya di Yogyakarta.

Fasilitasnya memang belum selengkap tempat lain, tapi sepadan dengan pemandangan yang bisa anda dapatkan.

  1. Jalan Malioboro

Jalan paling terkenal di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Disepanjang jalan ini terdapat toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang, dari pakaian, kerajinan tangan sampai makanan. Salah satu hal yang khas mengenai Malioboro adalah penjual makanan lesehan.

Penjual makanan lesehan ini akan menggelar lesehannya setelah jam 5 sore. Jalan Malioboro akan lebih ramai pada malam hari karena di beberapa tempat akan ada beberapa group pemusik jalanan yang akan menghibur pengunjung dengan lagu-lagu mereka. Selain itu pada malam hari Anda juga dapat melihat beberapa orang mengenakan berbagai macam kostum yang akan bersedia difoto tanpa bayaran. Jalan Malioboro memang selalu menarik untuk dikunjungi.

  1. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo terletak di Jalan Malioboro. Pasar tertua di Yogyakarta ini terkenal sebagai tempat turis membeli souvenir dengan harga murah. Berbagai macam barang tersedia di pasar ini, dari batik, makanan tradisional, uang kuno, bahan dasar jamu tradisional hingga barang antik.

Belum lengkap rasanya bila ke Yogyakarta tapi belum mengunjungi pasar Beringharjo yang merupakan salah satu tempat legendaris di Yogyakarta.

  1. Benteng Vredeburg Yogyakarta

Benteng Vredeburg juga terletak di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng yang kini telah menjadi museum yang berisi diorama mengenai sejarah Indonesia itu sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menambah wawasan tentang sejarah Indonesia.

Pada waktu-waktu tertentu benteng ini juga dijadikan tempat penyelenggaran beberapa festival kebudayaan. Apabila Anda hanya ingin sekedar bersantai sambil menikmati suasana di benteng Belanda ini maka kunjungilah café yang menyajikan makanan khas Belanda yang berada di dalam benteng,yang bernama Indische Koffie.

  1. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong Km 25 Kaliurang Barat, Sleman,Yogyakarta. Museum ini dibangun diatas area seluas 1,2 hektar dengan suhu udara sekitar berkisar antara 15-20 derajat celcius. Arsitektur museum ini sangat unik, jalan masuk ke dalam museum sendiri terdiri dari undakan, kelokan dan labirin yang menuju ke salah satu ruang pameran yang berada di bawah tanah.

Museum Ullen Sentalu berisi koleksi mengenai sejarah dan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan cikal bakal dari Kerajaan Yogyakarta dan Solo. Berkunjung ke Ullen Sentalu akan menambah wawasan Anda mengenai sejarah kebudayaan Jawa. Pemandu di museum ini akan memberikan penjelasan dengan detil mengenai semua benda seni di dalam museum ini. Museum Ullen Sentalu memiliki aturan yang sangat ketat.

Pengunjung tidak diperkenankan mengambil foto dari semua benda yang dipamerkan dalam museum ini selama tur berlangsung. Sangat disayangkan memang, tetapi satu nilai lebih dari aturan ini adalah Anda akan benar-benar fokus mendengarkan penjelasan pemandu, menikmati dan menghargai benda-benda seni yang berada di museum ini. Museum Ullen Sentalu sangat pantas untuk dikujunungi sebagai tempat wisata pendidikan dan budaya.

  1. Keraton Yogyakarta

Salah satu tempat wisata budaya lainnya di Yogyakarta adalah Keraton Yogyakarta. Keraton ini adalah salah satu bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditempati oleh Sultan dan keluarga Sultan. DI keraton ini juga terdapat museum yang memamerkan barang-barang kesultanan Yogyakarta dari barang rumah tangga sampai barang-barang unik yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa.

Waktu terbaik untuk mengunjungi keraton adalah dipagi hari karena tempat ini hanya dibuka sampai jam 2 siang. Bila Anda berminat, Anda juga bisa menyewa pemandu yang telah disediakan keraton untuk menjelaskan mengenai arsitektur dan sejarah keraton dengan harga yang tidak begitu mahal.

  1. Istana Taman Sari

Jaman dulu Isatna Taman Sari merupakan tempat rekreasi dan meditasi keluarga kerajaan Yogyakarta. Pesona Istana Taman Sari terletak pada keindahan arsitekturnya yang kuno dan pemandangan yang indah.

Istana ini dibangun untuk menghargai jasa para istri Sultan yang telah membantu semasa perang. Istana ini dikelilingi dengan taman bunga yang memberikan wangi semerbak ke sekitarnya.

  1. Merapi Park

Lokasinya berada di depan Museum Gunung Api Merapi Jogja, sehingga anda dapat berwisata di dua tempat sekaligus. Hal ini tentu saja menarik, di satu sisi anda berwisata sambil belajar tentang gunung Merapi dan di sisi lain anda dapat berwisata sambil mengenal ikon ikon atau landmarks dari berbagai negara terkenal di Dunia.

Anda juga bisa melengkapi perjalanan wisata anda dengan mengunjungi tempat wisata Kaliurang dan Lava Tour Merapi Cangkringan. Banyak sekali wahana wisata yang dapat anda kunjungi daerah ini.

  1. Pantai Parangtritis

Pantai ini merupakan pantai paling terkenal di Yogyakarta, itulah sebabnya mengapa pantai ini selalu ramai pengunjung. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan kuat. Di tempat ini Anda juga dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangdong Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis terletak 25 Km dari pusat kota Yogyakarta.

  1. Goa Jomblang

Goa wisata ini terletak di Gunung Kidul Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal dengan hutan purba didalamnya. Tempat yang pernah digunakan oleh acara TV Amerika The Amazing Race ini memiliki satu keunikan, yaitu cahaya yang menembus lubang goa,disebut dengan nama Cahaya Surga, yang dapat Anda lihat dari jam 10 pagi hingga jam 12 siang.

Melihat cahaya ini dari dalam goa meninggalkan kesan yang kuat bagi siapa saja yang menyaksikannya.

  1. Goa Pindul

Goa Pindul merupakan goa yang terkenal dengan kegiatan cave tubing-nya. Goa ini memiliki panjang 350 meter, lebarnya skitar 5 meter dan kedalaman air anata 5 sampai 12 meter. Goa ini terdiri dari 3 zona yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap.

Anda akan disuguhi dengan pemandangan stalaktit dan stalagmite yang indah. Cave tubing di goa yang terletak di Desa Bejiharjo Gunung Kidul ini berlangsung selama 45 menit dengan menggunakan ban pelampung.

Mudah-mudahan rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta ini bisa berguna untuk anda. Selamat berlibur!

Indahnya Berbagi!

3 thoughts on “15 Tempat Wisata di Jogja yang Asyik Buat Liburan

  1. I don’t even know the way I ended up right here, however I thought this put up used to be
    great. I do not recognize who you might be but definitely
    you’re going to a famous blogger in case you aren’t already.

    Cheers!

  2. Greetings! Thiis is my first visit to your blog!
    We are a team of volunteers and starting
    a new project in a copmmunity in the same niche. Your blog provided us useful information to
    work on. You have done a extraordinary job!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *