Indahnya Berbagi!

Setiap pemimpin tidak cukup hanya sebatas jabatan saja. Tanpa 4 Modal dasar social leadership, menjadi pemimpin hanya sebatas jabatan saja dah dikesampingkan oleh orang lain. Modal dasar social Leadership meliputi Individual differences, Self Assessment, Self Awareness dan Risk Taking Behavior. Mari Kita Ulas ke 4 Modal dasar Social Leadeship tersebut.

Individual Difference, merupakan suatu bentuk kesadaran bahwa setiap individu itu memiliki perbedaan. Sikap kesadaran ini akan menumbuhkan empati sosial dan mengubur rasa egois. Dengan pribadi yang telah memiliki kesadaran  Individual Difference ia akan lebih dihargai sebagaimana ia memahami dan menghargai perbedaan orang lain. Individual Difference merupakan modah awal dari Social Leadership.

 Self Assessment bisa dikatakan juga sebagai kemampuan penilaian atas diri sendiri. Orang yang sudah memiliki Self Assessment dapat memaksimalkan potensinya dan belajar dari kesalahan. Pribadi yang memiliki kemampuan ini akan tampak lebih hebat, kenapa? Karena ia akan mampu melakukan evaluasi atas dirinya sendiri dan memberi pelajaran pada orang lain.

Self Awareness adalah kesadaran diri. Orang yang sudah membiasakan Self Awareness dalam kesehariannya akan menjadi sosok yang dapat diandalkan karena ia akan memahami tugas dan perannya dalam komunitas. Tanpa Self Awareness Pribadi akan cenderung menyalahkan dan membebani pada orang lain.

Tak Semua orang memiliki  Risk Taking Behavior, Sikap ini hanya dimiliki oleh pemberani. Tanpa keberanian untuk mengambil resiko, pribadi akan stagnan dan tidak berkembang. Meskipun kita tau bahwa mengambil resiko bisa menambah masalah. Tetapi dengan adanya masalah, muncul pula kesempatan untuk berkembang. Setidaknya masalah akan melahirkan pembelajaran.

Games dalam Outbond dapat menumbuhkan 4 modal yang sangat penting bagi pelatihan leadership diatas. Pengertian Outbound Training Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka. Outbound dikenal dengan metode pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan penerapan langsung pada elemen-elemen dasar social leadership.

Elemen Dasar Sosial ledership yang biasa kita temui sehari-hari adalah saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Elemen dasar inilah yang mampu memberikan pendidikan bersosial yang baik. Outbound juga cenderung dilakukan di alam terbuka karena akan memberikan manfaat lebih.

Dimensi alam sebagai objek pendidikan bisa menjadi tempat praktik sesungguhnya dan tempat bermain yang seru. Pendekatan alam juga akan menyehatkan diri dan mental bagi peserta Outbound.

 

Indahnya Berbagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *