Indahnya Berbagi!

Semua metode parenting itu bagus, asal penerapannya disesuaikan dengan kondisi psikologis dan usia si kecil. Cara yang konvensional yang dinilai protektif pun mulai ditinggalkan. Padahal ada banyak sekali cara mendidik anak supaya ia lebih bisa beradaptasi dengan tuntutan masa depan dengan 6 Tips Modern Parenting di bawah ini.

Membiasakan Anak Mengenal Lingkungan Luar

Sudah banyak argument yang menyebutkan bahwa Lingkungan luar rumah sangat baik untuk menunjang tumbuh kembang anak. Anak yang terbiasa berinteraksi di luar rumah akan lebih bisa mengembangkan rasa ingin tahunya dan memacu cara berfikir secara mandiri

Lingkungan luar ruangan dengan suasana sejuk, ditambah dengan suasana interaksi sosial akan menjadikan anak mudah menyesuaikan diri saat beranjak dewasa.

Kurangi Les Tambahan Anak Anda

Semua orang tua sangat ingin anak memiliki pengetahuan luas. Hal ini ditafsirkan dengan menambah jam belajar anak dengan les tambahan luar sekolah. Les tambahan memang akan menunjang daya kognitif anak.

Namun, Anak perlu dibekali juga dengan daya motorik supaya anak tidak hanya cerdas, tetapi ia akan menjadi anak yang riang dan tangkas. Selain itu, Les tambahan yang dikelola terlalu padat hanya akan menjadikan anak anda stress. Jika anak anda sudah mulai merasa jenuh, les tambahan sebanyak apapun akan percuma.

Jangan Takut Kotor

Metode parenting konvensional beranggapan bahwa bermain kotor-kotoran membuat anak sakit. Tepi itu dulu. Sekarang banyak orang tua lebih memilih meninggalkan pola piker tersebut.

Bermain kotor-kotoran dianggap perlu karena akan menambah daya imunitas anak. Anak relatif bahagia saat mereka bermain dengan tanah liat dan lumpur. Namun anda juga perlu memperhatikan lingkungan kotor yang sehat dan lingkungan kotor yang penuh penyakit menular.

Upayakan Inovasi

Kita mengenal rumus-rumus parenting sesuai dengan budaya yang diajarkan oleh orang tua kepada kita. Budaya atau tradisi memang selayaknya dididik kepada anak sedini mungkin. Namun zaman beruban dan alangkah lebih baik jika parenting mengenai budaya disampaikan lebih inovatif karena anak anda tidak mengalami kondisi sama persis ketika anda masih seusia anak anda

Berilah Apresiasi

Apresiasi adalah bentuk penghargaan kepada adak sewajarnya. Anak memang membutuhkan apresiasi supaya memiliki rasa percaya diri. Biasakan kata ‘Terimakasih’ kepada anak merupakan bentuk apresiasi secara minimal kepada anak tanpa memberikan kesan manja kepadanya.

Berani Mengambil Risiko

Kebiasaan protektif alias serba melarang yang dilakukan orang tua ternyata berdampak buruk pada masa depan anak. Hal tersebut akan membuat anak takut mengambil risiko dan enggan keluar dari zona nyaman yang justru akan berdampak buruk pada kehidupannya saat ia beranjak dewasa. Nah, biasakan anak untuk belajar menempuh risiko sejak dini agar terbiasa saat sudah dewasa kelak.

Indahnya Berbagi!

3 thoughts on “6 Tips Modern Parenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *