Indahnya Berbagi!

Menghabiskan liburan bersama anak sangat diperlukan oleh sebuah keluarga. Momen tersebut sangat dinantikan baik dari anak hingga orang tua. Namun, banyaknya kejadian dimana berwisata bersama anak malah menjadi bencana dapat mengurungkan niat untuk berwisata bersama keluarga. Jangan sampai anda mendapati kejadian yang tak diinginkan tersebut saat berwisata bersama keluarga, alangkah lebih baik anda mengikuti 6 tips berlibur bersama anak berikut ini :

  1. Seleksi tempat hiburan
    Pilihlah tempat hiburan yang bisa menjamin keamanan dan kenyamanan anak. Sesuaikan keamanan dan kenyamanan yang diberikan sesuai dengan usia dan tumbuh kembang mereka
  2. Bersiap untuk segala kemungkinan
    Orang tua harus siap dengan segala kemungkinan yangt dapat mengancam anak. Anda bisa juga memberikan tindakan preventif seperti memberikan identitas khusus untuk anak seperti pakaian atau apapun yang mudah untuk mengenali anak anda. Apabila anak tersesat harapannya akan mudah untuk ditemukan dan dikenali agar si kecil bisa dengan mudah ditemukan.
  3. Selalu Mendampingi anak
    Peran orang tua senantiasa mendampingi anak-anak baik secara langsung (dekat dengan orang tua) atau pun tidak langsung (tanpa orang tua) dalam aktivitas liburan anak dengan tetap memperhatikan keperluan dan kebutuhan anak ketika di lokasi pariwisata.
  4. Kontrol aktivitas wisata anak
    Tiap lokasi wisata pasti memiliki area terlarang, pastikan anda memperhatikan anak anda untuk tidak mendekati bahkan memasuki area tersebut. Maka peran orang tua untuk memberikan pengawasan langsung maupun tak langsung sangat diperlukan.
  5. Memberikan pendidikan
    Orang tua harusnya juga bisa menanamkan edukasi kepada anak di obyek wisata, seperti tidak merusak obyek, membuang sampah pada tempatnya wisata dan lainnya.
  6. Mengutamakan keselamatan
    Orang tua harus mengutamakan keselamatan anak dan keluarga di tempat pariwisata. Hal tersebut berkaitan dengan objek wisata yang digunakan. Hindari waktu melakukan aktivitas hingga larut malam, dan tentunya orang tua harus menghindari konsumsi minuman beralkohol, pemakaian obat-obat terlarang dan segala jenis narkoba saat berwisata bersama anak.

Indahnya Berbagi!

3 thoughts on “6 Tips Berlibur Bersama Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *