Indahnya Berbagi!

WISATA BUDAYA DI SOLO

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan adat istiadat serta budaya. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya masing-masing yang mencerminkan daerah tersebut.

Kita sebagai warga Indonesia harus menjaga adat istiadat yang terdapat di daerah tempat tinggal masing-masing. Salah satu caranya yaitu dengan mengunjungi tempat wisata budaya tersebut.

Pada kesempatan kali ini, akan membahas seputar wisata budaya yang terdapat di Kota Solo. Ada beberapa wisata budaya yang wajib dikunjungi seperti :

Museum Danar Hadi Solo

Museum Danar Hadi ini merupakan sebuah museum yang mengoleksi berbagai model batik. Mulai dari batik local hingga batik yang berasal dari mancanegara.

Bahkan, bila kita mengunjungi museum ini kita dapat menemukan batik-batik koleksi  antik yang sudah eksis sejak masa penjajahan Belanda, Jepang, bahkan sampai Indonesia merdeka.

Di dalam Museum ini anda dapat melihat cara proses pembuatan batik tradisional hingga modern. Selain itu anda akan dikenalkan dengan bahan-bahan yang diperlukan untuk proses membatik.

Wisata Budaya Solo - Batik Danar Hadi
Wisata Budaya Solo – Batik Danar Hadi

Keraton Kasunanan Solo

Objek wisata ini sangat popular di Kota Solo karena tempat ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram. emiliki luas area sekitar 54 are dan banyak koleksi patung, senjata dan pusaka kerajaan.

Terdapat satu bangunan yang tidak dimiliki oleh Keraton lainnya yaitu Menara Sanggabuwana yang didirikan pada 1782. Konon menjadi tempat bertemunya Ratu Laut Selatan dengan Raja.

Menara ini memiliki tinggi 30 meter dan berfungsi sebagai menara sekaligus tempat memata-matai para musuh pada jaman penjajahan.

Pengunjung Keraton Kasunanan Surakarta juga dapat melihat wisata warisan budaya yang lain seperti upacara adat, tarian sakral dan musik diantaranya adalah yang terkenal adalah sekaten dan malam Suro.

pada beberapa kesempatan keraton juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk kegiatan outbound seperti treasure hunt atau amazing race

wisata budaya solo - keraton kasunanan
wisata budaya solo – kraton kasunanan

Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan merupakan salah satu kawasan sentral batik di Solo yang sudah berdiri sekitar 400-an tahun yang lalu. Kampung ini sudah ada sejak tahun 1546 di zaman Kerajaan Pajang. Uniknya sampai dengan saat ini masyarakat Laweyan masih banyak yang menekuni batik sebagai mata pencaharian mereka.

Dahulu teknologi pembuatan batik masih sangat minim sehingga masyarakat banyak menghasilkan batik tulis. Saat ini justru batik tulis menjadi komoditas yang sangat bernilai.

Disini anda dapat secara langsung untuk mencoba membuat batik dan hasilnya dapat dibawa pulang sebagai buah tangan.

Wisata Budaya Solo - Kampung Batik Laweyan
Wisata Budaya Solo – Kampung Batik Laweyan

Istana Mangkunegaran

Istana Mangkunegaran ini biasanya dikenal dengan Pura Mangkunegaran. Pura ini terletak di Banjarsari Surakarta. Museum ini menempati sebuah bangunan utama dari Pura Mangkunegaran, yaitu Dalem Ageng.

Dalem Ageng merupakan bangunan yang berada di Pura Mangkunegaran yang menjadi tempat diadakan upacara-upacara tradisional dan memiliki bentuk limasan dengan 8 buah tiang penyangga (saka guru), dan tidak memiliki plafon, sehingga usuk-usuk dan reng-reng dapat dilihat, yang merupakan symbol dari matahari (surya sumirat).

Wisata Budaya Solo - Pura Mangkunegaran
Wisata Budaya Solo – Pura Mangkunegaran

Museum Radya Pustaka

Museum ini diklaim sebagai museum tertua di Indonesia. Museum Radya Pustaka didirikan pada 18 Oktober  1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningkrat IV. Saat ini di Museum Radya Pustaka menyimpan benda benda peninggalan, gamelan jawa , pusaka , tombak , keris dll. Museum ini terletak di satu komplek dengan Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta.

Wisata Budaya Solo - Museum Radya Pustaka
Wisata Budaya Solo – Museum Radya Pustaka

Informasi wisata solo

Hotline : 02717467225

WA : 08112760555

 

 

 

Indahnya Berbagi!

3 thoughts on “5 Tempat wisata budaya di Kota Solo yang sering dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *