Home / Blogs / 5 Pantai di Dekat Solo yang Harus di Kunjungi Ketika Sedang Liburan

5 Pantai di Dekat Solo yang Harus di Kunjungi Ketika Sedang Liburan

Indahnya Berbagi!

Solo atau Surakarta terletak dekat dengan Gunung Lawu. Lokasinya yang berada di jantung pulau Jawa tidak memungkinkan Solo memiliki Pantai. Tetapi Jangan Berkecil Hati. Solo dekat dengan Pantai yang harus anda kunjungi ketika mampir di sekitaran Kota Budaya Jawa ini.

Pantai Sembukan

Pantai Sembukan Wonogiri adalah salah satu pantai yang cukup terkenal dan menjadi tujuan wisata di kawasan Solo dan sekitarnya. Pantai yang terletak di Wonogiri dengan ombak besar khas pantai selatan ini akan memacu adrenaline untuk mendekat.

Keindahan Pantai Sembukan ini memang tidak perlu diragukan lagi, tetapi dibalik keindahannya banyak sekali mitos yang ada di pantai ini. Salah satunya berhubungan dengan Ratu Pantai Selatan yang terkenal itu.

Pantai Sembukan ini sangat populer bagi para pemancing yang senang mencari ikan-ikan besar. Beberapa tempat di atas tebing pantai Sembukan ini juga sudah dipersiapkan khusus bagi mereka yang suka dengan hobi memancing. Selain di tebing, bagi mereka yang ingin memancing di tengah laut juga bisa menyewa perahu nelayan sekitar untuk digunakan memancing ke tengah laut.

Lokasi Pantai Sembukan Wonogiri ini tidak jauh dari Pantai Nampu. Pantai Sembukan ini berada di Desa Sembukan, Paranggupito, Wonogiri. Kurang lebih jarak menuju pantai Sembukan ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam jika ditempuh dari kota Wonogiri.

Bisa dibilang Pantai Sembukan ini terletak di tempat yang terpecil dan ditutupi banyak bukit-bukit. Tetapi akses jalan menuju ke Pantai Sembukan ini cukup mudah karena penunjuk jalan sudah banyak terpampang.

Pantai Nampu

Pantai Nampu ini terletak di ujung paling selatan Kabupaten Wonogiri. Lokasi tepatnya Pantai Nampu ini berada di desa Dringo, Paranggupito, Wonogiri, kurang lebih berjarak 2 jam dari pusat kota Wonogiri.

Hal yang menarik dari pantai ini adalah pasir putihnya yang membuat komposisi pantai ini makin cantik. Garis pantai nampu ini juga cukup panjang yang akan membuat kalian puas berlari-larian di sana.

Keindahan pantai Nampu ini masih sangat jarang diketahui oleh orang, karena memang masih kalah tenar jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Meskipun begitu, dijamin kalian tidak akan bosan saat mengunjungi Pantai Nampu ini.

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan Berada di Kabupaten Pacitan, Jika Anda sedang berlibur di Solo, ada tempat wisata di Sebelah Selatannya yang wajib dikunjungi. Tidak lain dan tidak bukan, tempat tersebut adalah Pantai Buyutan. Pantai yang merupakan bagian dari barisan pantai selatan Pulau Jawa ini sangat memikat dan selalu menarik wisatawan untuk berkunjung. Pantai dengan pasir putih yang satu ini memiliki panorama yang indah luar biasa, air lautnya yang masih sangat biru menjadi sangat cocok bagi Anda untuk menghabiskan waktu liburan baik bersama keluarga maupun teman  seperjuangan.

 

Foto : ksmtour.com

Ketika sudah sampai di gerbang masuk, Anda masih belum bisa melihat pantai karena tersembunyi dibalik tebing. Meskipun tebing tersebut tidak terlalu tinggi, tapi pasir putih yang indah dari pantai ini baru bisa Anda nikmati ketika telah melewati tebing.

Pantai Buyutan di Pacitan ini dikenal karena suasananya yang sepi, jauh dari keramaian, seakan ingin menyendiri dan menghindari keramaian. Saat Anda berada di pantai ini, seakan tidak ada suara kendaraan yang mengganggu keindahan alam Pantai Buyutan, sangat cocok untuk menghilangkan rasa penat dan stress. Ditambah Karang yang membentang sepanjang garis pantai menjadi ciri khas tersendiri bagi Pantai Buyutan.

Pantai Wedi Ombo

Berbicara tentang wisata pantai yang dekat dengan Kota Solo, tedapat banyak pantai di Gunung Kidul. Deretan pantai yang membentang di daerah ini pun beragam unik serta asyikya. Spot keindahan pantai tentunya belum lengkap jika tanpa menikmati sunset maupun sunrise. Selain itu tentu tidak ketinggalan pengunjung merasakan segarnya air laut maupun menyelami keindahan bawah laut. Jika Anda berada di Solo,anda akan menyesal jika tidak mengunjungi pantai  Wedi Ombo di Gunung Kidul.

Pantai ini Bisa dikatakan pantai terlengkap karena di pantai ini selain pengunjung bisa menikmati keindahan panorama pantai, mereka juga bisa snorkeling di tepi pantai. Anda bias menikmati keindahan ribuan terumbu karang, melihat bermacam spesies ikan pun bisa pengunjung rasakan ketika mengunjungi Pantai Wediombo.

Bagi Anda seorang surfer, tidaklah harus pergi jauh-jauh ke pulau bali, karena Pantai Wediombo pun sudah dijadikan spot selancar atau surfing sejak tahun 2014. Begitu lengkap bukan? Tentu saja iya, sebab memang pantai ini berbeda dengan pantai-pantai di Gunung Kidul.

Foto : garispantai.com

Ombak di Pantai Wediombo tergolong  cukup besar, mungkin jika Anda membawa anak-anak disarankan jangan diajak berenang di bagian yang berpasir, karena daerah itu memang menjadi spot para surfer untuk berselancar menaklukan ombak. Tetapi jangan khawatir, terdapat alternatif untuk berenang yang nyaman dan aman tentunya bagi pengunjung yang membawa anak. Yaitu pada bagian berbatu, terdapat kolam alami di pinggiran tepi pantai dengan airnya yang tenang dan jernih. Kolam alami ini sering dijadikan andalan bagi pengunjung yang ingin meluapkan hasrat berenang atau bermain air di Pantai Wediombo.

Pantai Sadranan

Jika Anda merupakan  seorang penikmat alam yang berada di Sekitaran Solo, pasti anda akan mempunyai niat berlama-lama di pantai Sadranan. Keindahan pagi ketika matahari terbit hingga romantisnya senja menyambut malam pun akan disuguhkan bagi siapa saja yang mengunjungi  Pantai sadranan.

Berbicara wisata pantai Gunung Kidul, terdapat tempat di mana pengunjung

Pantai Sadranan dikenal sebagai tempat idaman para traveller muda menikmati Aktivitas Snorkling. Anda bisa melihat dan menikmati pemandangan terumbu karang di dasar laut, dan cantiknya ikan-ikan berenang yang apik jika dipandang.

Foto : 3.bp.blogspot.com

Melakukan snorkeling di Pantai Sadranan tidak berada di dekat laut lepas, akan tetapi anda cukup di sekitar area pantai. Karena di tempat ini selain airnya tidak terlalu dalam, gelombang ombaknya juga tidak begitu terasa atau bisa dikatakan cukup tenang. Tentunya untuk menyelam atau snorkeling membutuhkan alat yang lengkap, seperti pelampung, kacamata renang atau google,snorkel dan lain sebagainya. Pengunjung tidak perlu repot-repot membawa dari rumah, sebab di Pantai Sadranan pengelola sudah menyediakan persewaan peralatan tersebut. Watu Pecah dan Kali Senggoro, yaitu spot yang paling digemari untuk snorkleing. Tentunya akan sangat asyik jika datang ke pantai ini bersama teman-teman maupun sahabat.

Ketika bersnorkeling, Anda dapat melihat indah sekali ciptahan Tuhan yang berada di dalam laut, terdapat beribu terumbu karang yang eksotis serta jenis-jenis ikan cantik, seperti ikan Areng-Arreng, Botana Achilles, Ikan Lepu Morish dan juga Ikan Bontana Kuning yang tentunya memanjakan mata Anda ketika melihatnya.

 

Indahnya Berbagi!

About Admin JN

Check Also

Serunya Outbound IGABA Kabupaten Karanganyar

Indahnya Berbagi!FacebookTwitterPinterestLinkedInIndahnya Berbagi!FacebookTwitterPinterestLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat