fbpx
Home / Blogs / Kenali Potensi Bisnis MICE

Kenali Potensi Bisnis MICE

Indahnya Berbagi!

MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition –Bahasa Indonesia: Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran). MICE dalam industri pariwisata merupakan suatu jenis kegiatan pariwisata yang harus direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu.

MICE juga dikenal sebagai “The Meetings Industry”. Bisnis MICE di Indonesia belum begitu terjamah dengan baik. Padahal bisnis MICE merupakan salah satu andalan pariwisata di beberapa negara maju. MICE termasuk sebagain potensi di banyak Negara maju.

Negara MICE seperti Jepang dengan Tokyo Motor Show, Jerman dengan Frankfurt Motor Show, dan lain sebagainya. Sekarang ini telah bermunculan berbagai biro travel telah membuat paket wisata untuk mengunjungi event MICE di berbagai Negara di dunia.

Sebenarnya, Ini adalah potensi bisnis yang besar. Dunia MICE memiliki multiplier effect yang sangat besar. Adanya event MICE di suatu negara dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Puluhan roda industri di dunia akan bekerja dengan baik karena ada event MICE.

Bisnis MICE merupakan salah satu dunia bisnis yang menjanjikan. Namun hanya sedikit pihak Indonesia yang mau bermain di dunia MICE. Mungkin salah satu penyebabnya dikarenakan kurang pengetahuan tentang MICE di Indonesia.

MICE di Indonesia

Kota MICE di Indonesia meliputi Surakarta, Jakarta, Denpasar, Jambi, Jayapura, Ujung Pandang, Medan, Manado, Surabaya, Batam, Yogyakarta, Padang, Palembang, Samarinda.

Bukti perkembangan MICE di Bali sudah mencapai hasil yang cukup menggembirakan. Lembaga pariwisata seperti Dinas Pariwisata yang bekerjasama dengan Bali Hotels Association, INCCA (Indonesia Congress & Convention Association), ASITA, Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), dan institusi lainya ingin menjadikan Bali sebagai tujuan MICE di dunia selanjutnya. Hal itu terbukti dengan banyaknya event dunia yang diselenggarakan di Bali seperti UNFCC dan Bali Asian Beach Games yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Perkembangan MICE di Bali pun telah memberikan konstribusi pada sektor hotel di Bali, hampir semua hotel berbintang 5 di Bali memiliki fasilitas standar meeting berupa meeting venue, dan departemen yang mengatur berlangsungnya kegiatan MICE di hotel tersebut. Biasanya MICE di organiser oleh Banquette Department atau sebutan lain.

Indahnya Berbagi!

About Admin JN

Check Also

Purwa Aksara Grobogan - Pelatihan Mindset

Pelatihan SDM : Growth Mindset Training

Indahnya Berbagi!FacebookTwitterPinterestLinkedInPELATIHAN SDM | Growth Mindset Training Purwaaksara Grobogan Purwodadi Perusahaan dikatakan kuat apabila memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!